Apa itu Animasi

Hai semua apa kabar, harap semua baik baik saja. Postingan kali ini ane mau berbagi pengetahuan tentang animasi. jadi silahkan simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca.

Animasi adalah gambar bergerak yang telah tersusun sedemikian rupa sehingga membuat efek gambar menjadi bergerak. Awalnya animasi ini dibuat di atas kertas berlembar-lembar yang telah di gambar kemudian kertas itu disusun lalu di putar, di putar pada konteks ini maksudnya bukan diputar 180 derajat, tapi seperti dibuka/dilihat sesuai urutan kertas sehingga membuat efek gambar seolah olah bergerak. Animasi ini pertama kali dikenalkan oleh Fady Saeed dari Mesir pada tahun 1756. Di era modern ini pembuatan animasi sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi/software komputer. Bahkan saat ini sudah ada yang namanya animasi 3D.

Bedanya animasi 2D dan 3D adalah jika animasi 2D bentuk dari objeknya menyerupai atau mirip seperti lukisan (panjang x lebar) contohnya kayak Tom and Jerry, Mickey Mouse, Donald Duck, dan lain sebagainya. Tapi jika animasi 3D gambar atau objeknya terkesan lebih nyata karena objeknya memiliki volume (panjang x lebar x tinggi) contohnya kayak Adit Sopo Jarwo, Upin dan Ipin, dan lain sebagainya.

Di era modern ini memang sudah banyak animasi yang sudah bermunculan, ini membuat para animator harus bekerja keras akan  ide kreatif, keuletan, dan kegigihan. Animasi yang sudah mulai berkembang pesat saat ini adalah animasi 3D, dikarenakan animasi ini memang dari sisi grafis lebih unggul. Tapi animasi 2D juga tidak kalah unggulnya, karena animasi 2D mudah untuk dibuat dan proses pembuatanya gak terlalu ribet seperti animasi 3D.

Mungkin hanya sampai disini pembahasan dari Chylence, semoga postingan ini bisa bermanfaat. Kami menyadari bahwa postingan ini masih banyak kekurangan jadi kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca, kalian bisa tulis di kolom komentar atau gmail saya. Terima kasih telah membaca postingan ini dan sampai jumpa di lain waktu. :D Thanks Adobe Systems, Blogger, Teacher, and Reader.

Komentar