Cara Membuat Animasi Berubah Bentuk


Hai semua, kembali lagi di blog Naga Kecil. Postingan kali ini ane akan beri tau cara membuat animasi yang akan berubah bentuk, animasi ini sering disebut shape tween. 
Shape Tween adalah fitur adobe flash yang mana bisa membuat animasi yang dapat merubah bentuk objek secara "otomatis", otomatis disini maksudnya adalah kita hanya perlu mengedit bagian awal dan akhir keyframe. Baiklah tanpa basa basi lagi mari kita buat animasinya. Berikut cara - caranya :

Pertama dan yang paling penting siapkan perlengkapan perang membuat animasi seperti PC , lalu Adobe Flash CS6 buat yang belum punya bisa download di situs resminya atau tekan teks ajaib ini.

Kedua Buka Adobe Flash CS6-nya lalu pilih Actionscript 3.0, kenapa Actionscript 3.0 ?



Ketiga kita buat objeknya misal persegi panjang seperti gambar di atas.



Keempat klik kanan keyframe nomor 10 lalu klik insert blank keyframe semakin banyak keyframenya, perubahan objeknya akan jadi lebih halus tapi animasinya akan sedikit lebih lambat.

Kelima buat objek lagi yang berbeda bentuk misal langkaran seperti gambar diatas.



Keenam blok keyframe 2 sampai 9 (jika anda memilih lebih dari 10 blok semua keyframe kecuali 
awal dan akhir keyframe) lebih  lalu klik kanan setelah itu klik Create Shape Tween.
SELAMAT animasi objek berubah bentuk telah jadi. Jangan lupa save Project anda dengan menekan Ctrl + S.


Terima kasih telah berkunjung ke blog ane semoga kalian gak bosen baca di blog ini. Tetap semangat dan selamat bereksperimen. Kritik dan Saran atau masukkan ketik aja di kolom komentar. :D Thanks for Adobe System, Teacher, Blogger, and Reader.

Komentar